Outbound Management Training Plus

" ACHIEVEMENT TRAINING SYSTEM "
PENDAHULUAN

" Experiential learning is a joyful awakening of body, mind and spirit "
(Edward Shore, 2001)

Dewasa ini ada banyak pelatihan pengembangan diri ataupun pelatihan manajemen yang dinyatakan memakai bentuk Outdoor Training System. Sepertinya ada suatu anggapan bahwa Outdoor Training System adalah bentuk pelatihan yang dilakukan di tempat terbuka, dengan menggunakan media kegiatan alam bebas sebagai medianya. Atau ada juga yang berpendapat bahwa Outdoor Training System adalah kegiatan bersama yang dilakukan di alam terbuka dengan tujuan tertentu, misalnya pembentukan kerjasama tim, atau sekedar fun saja. Tanpa bermaksud jumawa dengan menghakimi mana yang benar dan salah, penjelasan dari sudut pandang sejarah dan perspektif pendidikan berikut diharapkan bisa memberikan gambaran yang jelas tentang bentuk pelatihan ini.
Kata Outward Bound sendiri kurang lebih bermakna "saat sebuah kapal sedang melepaskan tali tambatannya di pelabuhan untuk memulai sebuah pelayaran yang penuh petualangan". Dalam dunia pendidikan kata tersebut tidak bisa dilepaskan dari tokoh pendidik Dr Kurt Hahn, yang pada tahun 1933 melarikan diri ke Inggris karena berbeda pandangan politik dengan Hitler. Dengan bantuan Lawrence Holt, seorang pengusaha kapal niaga, Hahn memakai nama Outward Bound saat mendirikan sekolah di Aberdovey, Wales pada tahun 1941 yang bertujuan untuk melatih fisik dan –terutama- mental para pelaut muda, terutama guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Atlantik pada saat berkecamuknya PD II. Pelatihan ini memakai kegiatan mountaineering dan petualangan laut sebagai medianya. Kurt Hahn sendiri beranggapan bahwa kegiatan petualangan bukanlah semata-mata bertujuan menjadikan seseorang terampil bertualang, melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda menuju kedewasaan. Mengingat media, metode, dan pendekatan yang dipergunakan di Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang menklasifikasikan bentuk pelatihan ini sebagai Adventure Education, atau Experiential Education. Metode pelatihan ini kemudian berkembang dan mulai ditiru di banyak tempat, bahkan sampai akhirnya diperkenalkan di luar Inggris. Di Indonesia, walau bukan berarti bahwa metode ini belum pernah diterapkan sebelumnya, namun metode ini diketahui baru masuk pada tahun 1990 dengan nama Outward Bound Indonesia.
Visi Intan Prima adalah Komunitas yang percaya bahwa pelatihan dan pengembang diri (Training & Development) merupakan salah satu tahapan penting dalam pengelolaan sumber daya manusia.
Kami di masa kini harus sadar bahwa paradigma baru yang berkembang adalah memposisikan sumber daya manusia sebagai asset. Oleh karenanya, Visi Intan Prima turut memfokuskan diri pada kegiatan pelatihan pengembangan diri dengan memakai kegiatan alam terbuka (Outdoor Activities) sebagai tempat yang aman untuk pembelajaran. Visi Intan Prima merupakan sebuah tim yang terdiri dari fasilitator, trainer, psikolog dan konsultan yang sangat berpengalaman di bidang pelatihan di alam terbuka. Kami memiliki komitmen yang tinggi dalam menyajikan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia secara terstruktur dan sarat dengan tujuan utama masing-masing perusahaan yang menjadi client. Secara signifikan dan berkelanjutan Visi Intan Prima secara rutin memelihara dan mengembangkan profesionalisme dan kualitas layanan dalam bidang pelatihan melalui petualangan di alam terbuka dengan memperkaya program-programnya yang mengacu pada standarisasi dasar institusi-institusi sejenis, seperti Association of Experiental Education (AEE) dan Outward Bound International.

" OUTDOORS TRAINING SYSTEM "

FILOSOFI

Filosofi pembelajaran dengan pendekatan outdoor Education adalah:
Bahwa dengan mengalami keberhasilan terhadap suatu peristiwa yang mendasar, seseorang dapat belajar untuk lebih menghormati dirinya sendiri. Dari rasa penghargaan diri sendiri mengalir rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap orang lain. Dari rasa kasih sayang tersebut dapat muncul komitmen untuk melayani sesama. Didalam pelayanan yang tulus, yang dilakukan setiap hari bagi kepentingan sesama bisa melandasi arah tujuan hidup sendiri.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Menumbuhkan pemahaman terhadap diri pribadi (know and manage yourself), orang lain (know others), maupun lingkungan serta mendorong komunikasi dan kerjasama antar personal (work with others).

METODA PELATIHAN 

Visi Intan Prima dalam menyelenggarakan pelatihannya menggunakan metode "Achievement Training System". Metode ini merangkai bentuk pelatihan teknis tradisional pada umumnya dengan latihan-latihan praktis. Proses De-briefing, yang melengkapi kebutuhan maksimal dalam memindahkan dan mengadopsi proses belajar kedalam area kerja, selalu disajikan setelah peserta menyelesaikan setiap tahapan aktifitas.

PROGRAM
Program pelatihan didesain sedemikian rupa sehingga diharapkan peserta akan mengalami suatu pengalaman terstruktur (Structured Experience) melalui alur pelatihan yang seimbang antara tantangan yang akan dihadapi peserta pelatihan dengan tingkat keberhasilan mereka. Diharapkan melalui alur pelatihan tersebut para peserta akan bisa belajar dari proses mereka mengatasi setiap rintangan, yang pada akhirnya akan memotivasi mereka untuk secara aktif mengeksplorasi potensi diri lebih jauh. Pembelajaran melalui proses inilah yang nantinya akan melahirkan pemahaman tentang konsep-konsep diri yang lebih positif, yang akan sangat berguna bagi pembekalan sebuah generasi yang sedang mengembangkan pribadinya. Berikut ini beberapa program yang dapat Anda/ Perusahaan pilih antara lain :

1. Fun Gathering / Corporate Outing Plus
2. Amazing Races Program
3. Corporate Adventure Camp Program
4. Youth Self-Awareness Program
5. Youth Adventure Camp
6. Kids Nature Educational Program
7. Family Weekend
8. Adventure Skills Training
9. Culture Tourism Program
 
Kami menyadari bahwa setiap organisasi memiliki keunikan tersendiri, begitu pula kebutuhan mereka. Sehubungan dengan itu, fleksibelitas dalam merancang sebuah program merupakan hal yang sangat penting bagi kami, oleh karena itu terefleksi dalam komitmen kami untuk menyajikan rancangan khusus setiap program yang kami miliki (customized program) agar dapat mempertemukan kebutuhan perusahaan yang berminat untuk menyelenggarakan pelatihan.

INVESTASI PELATIHAN

Besar kecilnya investasi dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya adalah :

  • Pilihan Lokasi
  • Desain Kegiatan / Setting Course
  • Lama Kegiatan / durasi Pelaksanaan
  • Jumlah Peserta
Untuk memudahkan anda dalam menyesuaikan program dengan alokasi waktu dan anggaran investasi, maka :
  • Kami akan membantu anda untuk dapat menyesuaikan desain program sesuai dengan budget dan waktu yang anda alokasikan untuk kegiatan ini agar kebutuhan, tujuan dan sasaran yang diharapkan dapat tercapai
  • Kami juga menawarkan kontrak kerjasama dengan efisiensi investasi khsusus dalam bentuk contract rate untuk minimal 2 kali kegiatan Outbound yang diadakan dalam satu tahun periode kerjasama

Note : Agar anda dapat lebih memahami program yang kami tawarkan maka kami akan mempresentasikan program kami

ALUR KEGIATAN

Dalam rancangan program yang kami sajikan, kami memiliki serangkaian alur kegiatan yang merupakan standar operasional bagi setiap penyelengaraan kegiatan pelatihan kami. Alur kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

PRE-COURSE (Pengkondisian Peserta)
Merupakan sebuah masa pengkondisian bagi para peserta terhadap suatu proses pelatihan. Pre-course biasanya diberikan sebelum penyelenggaraan kegiatan pelatihan dilakukan, dengan tujuan:
  • Untuk membangun komitmen peserta terhadap kemungkinan meninggalkan rutinitas keseharian yang pasti jauh lebih nyaman. Peserta akan dijelaskan bahwa memasuki suasana pelatihan bukanlah hanya sekedar berekreasi, meski unsur fun akan mewarnai setiap kegiatan yang tersaji
  • Untuk membangun komitmen agar selalu berfikir positif dan bersedia untuk melakukan yang terbaik selama pelatihan
IMMERSION - ICE BREAKING (Pemecah Kebekuan)
Merupakan kegiatan diawal rangkaian program dengan menggunakan beberapa permainan ringan sebagai alat untuk memecah kebekuan diantara sesama peserta dalam kelompok barunya. Kegiatan ini bertujuan sebagai :
  • Proses dalam menciptakan suasana psikologis yang menyenangkan dan menghilangkan batasan-batasan diri seperti rasa canggung, belum siap atau malu
  • Untuk memberikan gambaran sederhana pada peserta tentang bentuk pelatihan yang akan dihadapi peserta dimana kegiatan pelatihan tersebut akan dipenuhi dengan tahap-tahap tantangan namun dikemas oleh kegembiraan
  • Proses dalam menciptakan komitmen baru atau memperkuat komitmen yang sudah ada
TRUST GAMES (Penumbuh Kepercayaan)
Merupakan tahap awal pembentukan sebuah kelompok yang baru, sebelum memulai petualangan bersama. Hal ini diberikan dengan tujuan untuk :
  • Mengembangkan rasa percaya diri
  • Mengembangkan sikap saling percaya antar anggota tim
  • Menemukan esensi kerjasama sebuah kelompok, dan
  • Membangun komitmen saling percaya dalam kelompok
INITIATIVE ACTIVITIES
Kegiatan ini merupakan tema payung dari serangkaian kegiatan yang akan disajikan bagi kelompok peserta, dimana pembentukan sebuah tim membutuhkan sebuah proses yang unik yang dapat digali melalui beragam kegiatan beragam yang bertujuan untuk :
  • Mengembangkan interaksi dan daya inisiatif kelompok terhadap suatu aktivitas pemecahan masalah
  • Proses menghadapi konflik didalam kelompok
  • Memunculkan sikap partisipasi aktif dalam kelompok
  • Memunculkan sikap kepemimpinan dan merangsang komunikasi efektif dalam kelompok
LOW & HIGH IMPACT ACTIVITIES
Kegiatan khusus ini tidak selalu disajikan bagi setiap program kegiatan pelatihan yang kami miliki. Aktifitas ini memiliki dampak yang luar biasa dalam pelatihan yang panjang, namun tidak demikian halnya bila disajikan dalam program pendek; sehingga penting bagi kami, selaku penyelengara kegiatan, untuk mngetahui sasaran pelatihan yang ingin dicapai sebelum menyajikan kegiatan ini sebagai alat pencapaian tujuan.Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk :
  • Memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertindak / berfikir keluar dari batasan-batasan diri ( cara pandang terhadap diri sendiri)
  • Memberikan pengalaman dalam mengatasi kekahwatiran berhubungan dengan situasi yang belum terbiasa (unfamiliar)
  • Merangsang kemampuan dalam mengambil keputusan dengan memperhitungkan SWOT.
EXPEDITION
Aktifitas ini hanya diberikan dalam rancangan program pelatihan dengan durasi waktu yang cukup panjang (3-7 hari). Bentuk aktifitas yang hampir serupa perjalanan singkat,
selalu merupakan kegiatan yang kami sajikan dalam rangkaian program yang kami berikan. Kegiatan ini bertujuan untuk :
  • Merangsang dan memunculkan rasa percaya serta saling dukung dalam tim
  • Merangsang kepekaan peserta akan pentingnya interpersonal skills dalam suatu tim kerja yang baik
  • Menggugah kepedulian dalam kelompok (compassion)
DE-BRIEFING
Merupakan kegiatan yang paling penting dalam rangkaian kegiatan pelatihan. Aktifitas ini diberikan disela-sela rangkaian kegiatan, baik setelah serangkaian permainan berakhir, diakhir rangkaian kegiatan keseluruhan maupun disetiap akhir kegiatan bila dianggap perlu dan penting dilakukan. Aktifitas ini merupakan proses belajar para peserta bersama kelompok dengan dipandu oleh fasilitator pendamping kelompok.
Dalam kegiatan ini akan nampak dinamika kelompok secara utuh setelah serangkaian aktifitas berupa permaianan selesai. Kegiatan ini bertujuan untuk :
  • Merangsang dan memunculkan proses komunikasi efektif dalam kelompok
  • Merangsang kepekaan peserta akan pentingnya proses evaluasi dalam suatu tim kerja yang baik
  • Menggugah kesadaran akan cara kerja efektif dalam kelompok
  • Memberikan gambaran utuh atas serangkaian kegiatan yang telah dilalui oleh peserta agar mereka dapat merancang sebuah rencana yang lebih matang pada kegiatan berikutnya
COURSE REPORTING
Diakhir rangkaian kegiatan, kami akan memberikan laporan umum penyelenggaraan pelatihan bagi perusahaan / lembaga / institusi yang berkepentingan sebagai gambaran kondisi kegiatan. Tujuan penyusunan laporan ini adalah sebagai bentuk komitmen kami terhadap jasa layanan yang kami berikan agar kami dapat terus mengembangkan program pelatihan yang kami sajikan bagi kebutuhan para pengguna jasa perusahaan kami.

SAFETY FIRST
Keamanan dan keselamatan pada setiap tahap kegiatan adalah prioritas utama bagi kami. Fasilitator-fasilitator kami yang berpengalaman akan senantiasa memastikan keamanan dan keselamatan anda sekalipun kegiatan yang anda lakukan tampak menantang dan mengandung resiko, sehingga anda tak perlu ragu melakukannya. Ikuti dengan seksama setiap detail petunjuk yang diarahkan oleh fasilitator kami.

PENUTUPAN
Program kegiatan yang kami tawarkan merupakan beberapa alternatif dari berbagai macam program OUTDOOR TRAINING yang tentunya akan menyesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai masing-masing perusahaan (customized program). Oleh karenanya, team professional Visi Intan Prima yang terdiri dari Creative Programmer & Konsultan SDM siap membantu Anda mempersiapkan pelaksanaan Achievement Training System sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran perusahaan.
 
Play is Good
Changes is Good
Good Play can be better with CHANGES

No comments: